Senin, 15 Februari 2016

SPEKTROFOTOMETRI UV-Vis


Spektrofotometri merupakan salah satu cara analisis kimia berdasarkan pengukuran intensitas cahaya yang diserap oleh media (kuvet) dan zat, menggunakan instrument spektrofotometer UV-Vis. Besarnya intensitas cahaya yang diserap sebanding dengan tebal kuvet dan kepekatan zat, sehingga setiap zat akan memberikan intesitas yang berbeda-beda. Hukum yang mendasari adalah Hukum Lambert-Beer yang berbunyi “Apabila seberkas sinar monokromatis dengan intensitas I0 melalui suatu media yang transparan, maka sejumlah sinar akan diabsorpsi (diserap) It dan sebagian lainnya diteruskan dengan intensitas sinar I. Bertambahnya intensitas sinar yang diteruskan berbanding terbalik dengan ketebalan media dan konsentrasi larutan”.

Hubungan antara serapan absorbansi (A), konsentrasi (C), dan tebal media (t) dinyatakan dalam hukum Lambert-Beer



 

Keterangan : 
A = Absorbansi 
ɛ  = Koefisien absorptivitas molar 
C = Konsentrasi (mol/L) 
t   = Tebal media atau kuvet (cm)





Dari persamaan di atas maka besarnya absorbansi berbanding lurus dengan konsentrasi analit. Absorbansi akan bertambah bila konsentrasi analit semakin besar. 

Hubungan tersebut mendasari analisis kuantitatif zat dengan metode spektrofotometri. Hubungan transmitansi (T) dengan absorbansi (A) dinyatakan oleh persamaan:

            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar