Jumat, 26 Januari 2018

Titrasi Kompleksometri

Metode Volumetri
Analisis berdasarkan pengukuran volume larutan pereaksi yang memiliki konsentrasi tertentu dengan sampel yang akan ditetapkan kadarnya sampai terjadi reaksi sempurna pada titik ekivalen dengan atau tanpa bantuan indikator.

Titrasi Kompleksometri
Titrasi kompleksometri atau kelatometri adalah suatu jenis titrasi yang terjadi akibat titran dan titrat membentuk suatu senyawaan kompleks. Titrasi ini digunakan untuk penetapan kadar logam atau senyawaan logam menggunakan EDTA (Etilen Diamin Tetra Asetat) sebagai pembentuk kompleks dengan bantuan indikator pada pH tertentu.

Aplikasi Titrasi kompleksometri

Penetapan Al(OH)3 dalam Antasida Tablet


Prinsip :
Pada pH ± 5 ion Al3+ direaksikan dengan EDTA yang ditambahkan berlebih terukur, kelebihan EDTA dititar dengan ZnSO4 dengan indikator larutan ditizon alkohol hingga memperoleh titik akhir berwarna merah jambu.

Metode :
Komplesometri
Reaksi :
Al3+    + H2Y2-                →        AlY-  + 2H+
H2Y2-                 + Zn2+ →        ZnY2-  + 2H+
Zn2+   + HInd2-              →        ZnInd2-

Pengolahan Data :

Catatan:


Pada saat preparasi penetapan kadar Al(OH)3 dalam antasida tablet, ditambahkan HCl pekat yang berfungsi untuk  mengubah Al(OH)3 dalam obat mejadi AlCl3. Pada penetapan Al(OH)3 dilakukan pengerjaan blanko untuk mengetahui jumlah EDTA yang beraksi dengan Al dalam sampel 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar